Pages

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 08 Mei 2013

LAPORAN


VICKY AGUSTYA MULYANA
18210362
3EA16

PENGERTIAN, PERBEDAAN DAN CONTOH LAPORAN FORMAL DAN SEMIFORMAL 


Laporan formal adalah laporan yang memenuhi semua persyaratan, nadanya bersifat impersonal, dan materinya disajikan dalam suatu pola struktur seperti yang terdapat dalam buku-buku. Bila ada satu atau beberapa syarat tidak terpenuhi, laporan itu disebut semi-formal sedangkan laporan yang tidak memenuhi persyaratan  disebut laporan non-formal.

Laporan formal, semi-formal, dan non-formal merupakan laporan yang bersifat resmi (formil). Bila laporan tersebut bersifat pribadi dan bentuknya sesuai dengan keinginan penulis maka laporan itu bersifat tidak resmi (informil). 

Dibawah ini persyaratan yang menentukan sifat laporan:
  • Halaman judul
  • Terdapat surat penyerahan
  • Memiliki daftar isi
  • Terdapat ikhtisar yang mengawali laporan
  • Memiliki pendahuluan
  • Kesimpulan dan saran
  • Isi laporan yang terdiri dari judul-judul dengan tingkat yang berbeda-beda
  • Menggunakan nada resmi, bersifat impersonal
  • Disertai pula table dan angka-angka (bila diperlukan)
  • Biasanya didokumentasikan secara khusus

Dari pernyataan di atas contoh laporan formal apabila ada suatu lapuran yang teknik penulisannya memenuhi persyaratan penulisan laporan laporan, sedangkan contoh laporan semiformal adalah apabila ada suatu laporan yang hanya terdiri dari beberapa saja dari persyaratan penulisan laporan.

Struktur Laporan Formal

  • Halaman judul. (Jangan menggunakan judul yang terlalu panjang.)
  • Surat penyerahan.(Surat penyerahan atau letter of transmittal berfungsi sebagai kata pengantar pada sebuah buku.)
  • Daftar isi. (Bagian ini memuat rekapitulasi dari semua judul yang ada dalam laporan. Pokok-pokok yang paling penting ditempatkan semakin ke kiri).
  • Ikhtisar dan abstrak.(Ikhtisar merupakan bagian dari tulisan yang menyampaikan informasi penting dari sebuah laporan dalam bentuk yang sangat singkat).Abstrak adalah bagian uraian yang sangat singkat, jarang lebih panjang dari enam atau delapan baris untuk menerangkan aspek-aspek yang tercakup dalam sebuah uraian.
  • Pendahuluan
  • Isi laporan( Isi laporan menyangkut inti persoalan).
  • Kesimpulan dan saran
  • Bagian pelengkap. Bagian yang perlu dimasukkan untuk melengkapi laoran adalah apendiks (lampiran-lampiran, termasuk surat perintah atau surat tugas bagi orang yang membuat laporan, foto, peta, dll) danbibliografi bila laporan itu dikaitkan dengan analisa ilmiah yang menggunakan bahan-bahan pustaka.

CONTOH LAPORAN FORMAL
A.    Latar Belakang 
Dalam rangka memasuki tahun ajaran baru, diperlukan adanya regenerasi siswa untuk mengisi kekosongan siswa-siswi kelas XII tahun ajaran 2009-2010 yang telah lulus. Maka dari itu diperlukan adanya Penerimaan Siswa Baru (PSB). Hasilnya terseleksi 324 siswa-siswi baru yang akan menjadi aggota baru di SMAN 1 Bangil pada tahun ajaran 2010-2011.
Untuk menyambut kehadiran para siswa-siswibaru ini, diperlukan adanya pengenalan mereka terhadap lingkungannyayang baru di SMAN 1 Bangilini. Rangkaian kegiatan pengenalan ini dirangkum menjadi satu dalam kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) sesuai dengan Proker OSIS 2009/2010.
Kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) ini diisi dengan sosialissasi nilai-nilai sosial, tata tertib di SMAN 1 Bangil dan beberapa pengenalan tentang SMAN 1 Bangil itu sendiri. Sehingga siswa-siswi baru ini akan lebih terbiasa di lingkungan SMAN 1 Bangil. Ditambah dengan kegiatan Out Bond, LBB, dan Pensi untuk melatih kekompakan, kedisiplinan dan kreatifitas dalam keseharian para siswa-siswi baru tersebut.

B.     Dasar 
1.      Program kerja OSIS periode 2009-2010
2.      Program  SMAN 1 Bangil
3.      Rapat pengurus OSIS tanggal 30 Juni 2010

C.    Tujuan
  1. Menumbuh kembangkan jiwa patriotisme terhadap sekolah sebagai wujud nyata mempersiapkan siswa berprestasi dan aktif dalam kegiatan ekstrakulikuler.
  2. Memberikan wawasan terhadap siswa baru sebagai wahana pengembangan diri, menjadi siswa yang cakap, tanggap, dan patuh terhadap tata tertib sekolah.
  3.  Memberikan bekal pengenalan kegiatan intrakulikuler di SMA Negeri 1 Bangil dan evaluasi dari seluruh kegiatan yang ada di Sekolah Tingkat Pertama sebelumnya.
  4. Memberikan pembiasaan terhadap kedisiplinan tata tertib sekolah.

CONTOH SEMI FORMAL
Kata Pengantar MOS SMPN 1 Tasikmalaya

Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah semata, seraya memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan anugerah dan rahmat- Nya, kami dapat melaksanakan MOS / MOPD SMP Negeri 1 Tasikmalaya tahun pelajaran 2013-2014 sesuai dengan jadwal dan ketentuan yang berlaku. Tentunya kami segenap panitia telah berupaya semaksimal mungkin kemampuan kita kerahkan dalam pelaksanaan MOS tersebut, namun kami menyadari tidak ada yang sempurna di dunia ini. Berangkat dari kekurangan-kekurangan tersebut, maka kami akan    memperbaikinya pada masa yang akan datang. Pelaksanaan MOS kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, sehingga dibutuhkan kehati-hatian dan kerja keras untuk dapat melaksanakan kegiatan tersebut. Selanjutnya kami mengharap adanya saran dan kritik yang membangun sekaligus ucapan terima kasih pada semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini. Dan pada akhirnya kami menyadari tiada yang sempurna dan besar di hadapan Allah SWT, namun sekecil apapun amal shaleh yang kita kerjakan pasti diperhitungkan-Nya dengan pahala yang besar, Amin

Referensi : Google.Dalam "http://www.slideshare.net/iyankess/jenis-laporan"

0 komentar:

Posting Komentar